Kursus Singkat Bermain Bola Basket Oleh Pelatih Dari Jr. NBA Asia - Indonesia

logo junior nba asia indonesia
Sosok bertubuh tinggi dan mengenakan kaus berlogo tim bola basket yang pernah dibela oleh legenda NBA Kobe Bryant sepanjang karirnya, LA Lakers, berada di tengah 22 peserta didik MIN Kedamean. Sambil memegang bola basket sosok itu menjelaskan gerakan apa yang harus dilakukan oleh peserta didik yang berbaris di hadapannya.

Pagi ini (Jum'at, 21/02/2020) adalah waktunya program kunjungan sekolah (in-school programming) oleh Coach Damas Adietama, seorang coach (pelatih) bola basket yang ditugaskan oleh Jr. NBA untuk memberikan kursus singkat (short course) cara bermain bola basket yang baik dan benar.

Dalam kunjungan ini Coach Damas Adietama (Coach Assistant Jr. NBA Asia) yang juga menjabat sebagai Head Coach (Pelatih Kepala) Tim Bola Basket SMP Muammadiyah 12 Gresik dan Head Coach Semen Indonesia Academy, mengajarkan teknik dasar bola basket melalui permainan yang disambut dengan antusias oleh peserta didik.



Program Jr. NBA Indonesia yang berada di bawah naungan Jr. NBA Asia adalah salah satu program dari The National Basketball Association (NBA) yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan gaya hidup aktif pada anak dengan mengintegrasikan olahraga basket dalam kurikulum pendidikan olahraga lokal. 

Jr. NBA Indonesia mengajarkan keterampilan dasar dan nilai-nilai utama Jr. NBA, yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerjasama tim), a positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai), atau yang disingkat menjadi (S.T.A.R.).

Kursus singkat ini berlangsung selama kurang lebih satu jam. Setelah berbincang sebentar dengan bapak H. Sukariyadi Suparman Putra, M.Pd. (guru olahraga MIN 1 Gresik) yang pada 10 Februari 2020 kemarin mengikuti Jr. NBA Coaches Academy - Indonesia (Surabaya)Coach Damas pun segera berpamitan karena akan melaksanakan in-school programming di sekolah lain.

Mungkin program kunjungan sekolah seperti ini -jika dilakukan dengan secara reguler- akan dapat meningkatkan minat anak-anak kepada olahraga yang sampai saat ini masih kurang populer, mengingat minimnya ketersediaan fasilitas pendukungnya di sekolah.

Dokumentasi kegiatan Kursus Singkat Bermain Bola Basket Oleh Pelatih Dari Jr. NBA Asia - Indonesia lainnya dapat anda liha di sini.

No comments:

Post a Comment