MIN 1 Gresik Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

MIN 1 Gresik Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Selama 3 hari (Senin, 26 Desember 2022 dan Kamis-Jum'at, 29-30 Desember 2022), seluruh guru dan karyawan MIN 1 Gresik mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi, yaitu Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang bertempat di gedung MIN 1 Gresik. Dipandu oleh narasumber yang sangat kooperatif dan komunikatif yaitu Ust. Adi Purwanto, M.Pd. Beliau sekarang menjabat sebagai Kepala SD Luqman Al Hakim Surabaya.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dibuka langsung oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, Masfufah, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menuturkan pentingnya pemetaan bakat dan minat peserta didik.  Pemetaan ini akan sangat bermanfaat bagi para guru dalam memberikan layanan yang sesuai kebutuhan peserta didik. Secara khusus, beliau menekankan pentingnya kolaborasi seluruh guru untuk meningkatkan kompetensinya.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala MIN 1 Gresik, Santiaji, M.Pd., menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan sebagai bekal untuk penerapan Kurikulum Merdeka di MIN 1 Gresik pada tahun ajaran baru mendatang.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan mengasah bakat dan minat peserta didik sejak dini. Berfokus pada pencapaian Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin, pengembangan kompetensi yang holistik dan penekanan pada materi esensial.  Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi para Guru untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid (teaching at the right level) yang dapat terlaksana melalui pembelajaran berdiferensiasi. Guru juga dapat menyesuaikan pembelajaran dengan konteks dan muatan lokal. (MS)

No comments:

Post a Comment