TOUR MAJAPAHIT: Kegiatan Outing Class Peserta Didik Kelas 4 MIN 1 Gresik di Mojokerto

TOUR MAJAPAHIT: Kegiatan Outing Class Peserta Didik Kelas 4 MIN 1 Gresik di Mojokerto

Outing Class dapat diterjemahkan sebagai kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas. Proses pembelajaran luar ruangan ini dapat dilakukan di mana saja seperti halaman sekolah, lapangan, atau taman. Tak hanya di lingkungan sekolah, outing class juga bisa dilakukan di tempat-tempat umum atau wisata seperti pasar, terminal, museum, galeri seni, kebun binatang, hingga bioskop.

Pada Selasa (14/05/2024) kemarin para peserta didik kelas 4 A, B, C, dan D MIN 1 Gresik melaksanakan kegiatan outing class sebagai implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil'alamin (P5RA) dengan tema Kearifan Lokal dalam Kurikulum Merdeka. 

Didampingi oleh 4 wali kelas, 2 guru olahraga dan 1 staf pegawai MIN 1 Gresik, peserta outing class berangkat dari madrasah dengan menaiki 3 bus pariwisata menuju ke beberapa tempat tujuan, yaitu Museum Trowulan, Candi Brahu, Patung Budha Tidur, dan kolam renang Waterland Mojokerto. 

Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia. Di tempat tujuan pertama ini para peserta didik diajak mengelilingi seluruh area museum untuk mengamati dan mempelajari artefak dan temuan arkeologi yang menjadi koleksi Museum Trowulan. 

Petugas museum yang bertugas sebagai pemandu dengan sabar menjelaskan detail berbagai koleksi museum dan aspek sejarah yang melatarbelakanginya. Para peserta outing class menyimak dan mencatat penjelasan yang disampaikan petugas. Mereka juga diberi kesempatan untuk bertanya saat menemui hal-hal yang kurang mereka pahami. Para peserta semakin antusias saat mengetahui di akhir tour museum ini diadakan kuis berhadiah tentang materi yang telah mereka dapatkan dari pemandu. 

Setelah Museum Trowulan, tempat tujuan ke dua adalah Candi Brahu. Di situs ini peserta didik menyaksikan kemegahan situs budaya peninggalan kerajaan Majapahit berbentuk candi yang dibangun dengan batu bata merah, berukuran panjang sekitar 22,5 m, dengan lebar 18 m, dan berketinggian 20 meter. Di tempat yang indah ini peserta dan pendamping tidak mau melewatkan kesempatan untuk mengabadikan moment berfoto dengan latar belakang Candi Brahu. 

Selanjutnya peserta outing class beranjak menuju tempat tujuan ke tiga yajtu Patung Buddha Tidur yang terletak di dalam area Maha Vihara Mojopahit di desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Di tempat ini para peserta didik mendapatkan materi tentang toleransi beragama dari guru/wali kelas masing-masing. Di tempat ini pula rombongan memutuskan untuk beristirahat dan menikmati konsumsi makan siang yang telah dibagikan. 

Tempat tujuan terakhir outing class kali ini adalah tempat yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta yaitu kolam renang Waterland Mojokerto. Mereka sudah tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalam kolam renang. 

Namun ternyata mereka tidak sekadar bersenang-senang di kolam renang. Di sini mereka mendapat materi sekaligus praktik tentang gerak dasar renang gaya bebas yang meliputi gerakan meluncur, gerakan lengan, gerakan tungkai, dan pengambilan napas. Kegiatan ini dipandu oleh pak Su'udi dan pak Lukman Hakim, dua guru olahraga yang turut mendampingi. 

Selain sebagai pengamalan dari P5RA, diharapkan kegiatan outing class ini memberikan banyak manfaat kepada peserta didik, diantaranya: 
1. Menambah wawasan dan pengetahuan baru 
2. Meningkatkan rasa ingin tahu
3. Dapat berinteraksi dengan banyak orang sehingga menumbuhkan rasa percaya diri 
4. Mendapatkan referensi visual atas materi atau informasi yang mereka dapatkan dari buku. (LH)

No comments:

Post a Comment