Kegiatan Upacara Bendera

upacara pengibaran bendera merah putih

Kegiatan upacara bendera merupakan salah satu wahana bagi penanaman rasa cinta tanah air dan nasionalisme sehingga diharapkan kegiatan tersebut dapat mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air (nasionalisme), patriotisme dan idealisme serta meningkatkan peran serta siswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

upacara bendera
Di samping itu kegiatan upacara bendera juga merupakan salah satu upaya pendidikan yang dapat mencakup pencapaian berbagai tujuan pendidikan. Sikap disiplin, kesegaran jasmani dan rohani, keterampilan gerak, keterampilan memimpin dan pengembangan sifat bersedia dipimpin adalah merupakan hal-hal yang dapat diperoleh melalui kegiatan upacara bendera.

pembina upacara
Di MIN Kedamean, selain dilaksanakan pada peringatan Hari Besar Nasional dan Hari Besar Islam, kegiatan upacara bendera juga dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin pada pukul 06.30 WIB.

perangkat upacara bendera
Pada kegiatan upacara bendera rutin tersebut, yang bertindak sebagai pembina upacara adalah setiap guru MIN Kedamean yang telah ditunjuk dengan tema pilihan yang telah ditentukan. Sedangkan petugas upacara dilakukan oleh siswa kelas IV (empat), V (lima), dan VI (enam) secara bergiliran.

No comments:

Post a Comment