Sosialisasi Kurikulum 2013

sosialisasi k13
Pagi ini (Sabtu, 30/08/2014) MIN Kedamean mengundang wali murid kelas I (satu) dan kelas IV (empat) untuk sosialisasi tentang diberlakukannya Kurikulum 2013 pada Tahun Pelajaran 2014/2015 ini.

MIN Kedamean diwakili oleh Kepala Madrasah (Mubin, M.Pd.I), WaKa Kurikulum (Muhsin, S.Pd.I), WaKa Humas (Moch. Agam, S.Pd.I), serta anggota Komite Madrasah (Mujaidi), acara Sosialisasi Kurikulum 2013 dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB.



Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada wali murid tentang perbedaan Kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya sehingga diharapkan ada sinkronisasi implementasi antara model pembelajaran di madrasah dan pendampingan belajar siswa ketika di rumah oleh orang tua masing-masing.

Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter.

Kurikulum 2013 menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diterapkan sejak 2006 lalu. Kurikulum baru ini menuntut siswa untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan disiplin yang tinggi.

Kurikulum 2013 memiliki 3 (tiga) aspek utama yakni Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap. Sebagaimana kurikulum-kurikulum sebelumnya, Kurukulum 2013 juga memberikan penekanan pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar. Akan tetapi Pengetahuan bukan merupakan aspek utama seperti pada kurikulum-kurikulum sebelumnya. Keterampilan merupakan aspek baru dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan penekanan pada skill atau kemampuan, diantaranya adalah kemampuan untuk mengemukakan pendapat, berdiskusi/bermusyawarah, membuat laporan, dan presentasi. Aspek Keterampilan merupakan salah satu aspek penting karena diharapkan siswa tidak hanya memahami pelajaran sebagai teori belaka namun juga dapat mengaplikasikannya. Sedangkan aspek ke tiga adalah Sikap yang meliputi sopan santun, adab dalam belajar, absensi, sosial, dan agama.

No comments:

Post a Comment