Outdoor Study Sebagai Variasi Proses Pembelajaran

Salah satu kendala dalam pembelajaran adalah rasa bosan yang bisa terjadi pada siswa atau guru. Ketika rasa bosan sudah mempengaruhi proses belajar mengajar, ada beberapa hal yang biasa dilakukan siswa untuk mengusir kebosanan misalnya mengobrol dengan teman sebangku, mengganggu teman, menggambar, atau malah membuat gaduh di kelas.

Ibu Awalul Mar'ah sedang memberikan materi dengan metode outdoor study
Proses pembelajaran untuk siswa harus dibuat benar-benar menyenangkan, sehingga siswa betah untuk belajar. Suasana pembelajaran diciptakan agar tidak ada penekanan psikologis bagi kedua belah pihak yakni guru dan siswa. Pembelajaran di luar kelas (outdoor study) merupakan salah satu variasi metode pembelajaran sebagai upaya untuk menghindari kebosanan yang disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang umumnya hanya dilakukan di dalam kelas.

Pendekatan pembelajaran di luar kelas dapat menggunakan beberapa metode seperti pengamatan, tanya jawab, dan belajar sambil melakukan atau mempraktekkan dengan situasi belajar sambil bermain.

Outdoor study bisa dilakukan di manapun seperti taman sekolah, masjid, kebun, tempat pengolahan sampah, lapangan olahraga, pasar,  kantor pemerintahan, atau lingkungan sekitar sekolah. 

Untuk langkah-langkah pengaplikasian metode pembelajaran di luar kelas (outdoor study) silakan klik di sini.

No comments:

Post a Comment