Buku Guru : Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Tahun 2014

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah tahapan berikut ini.

1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahmai konsep utuh buku mari belajar Al-Qur’an Hadis, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka kurikulum 2013.

2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, tugas, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi guru dan murid.

3. Pada Sub bab tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal tersebut disesuaikan dengan tahapan pencapaian kompetensi dasar.

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut:

a. Kegiatan: berisi aktifitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami materi.
b. Aku bisa! merupakan kegiatan agar peserta didik bisa melakukan apa yang tertulis.
c. Hikmah: berisi pesan moral dari Qur’an, Hadis, kata mutiara atau sumber lain yang bisa diambil pelajaran.
d. Ayo berlatih: untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.
e. Tugasku: berisi latihan bagi peserta didik untuk menyelesaikan tugas tertentu baik berupa hafalan maupun tulisan.
f. Rubrik nyanyian dan tepuk tangan Islami: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik.

5. Guru bisa mengembangkan kompetensi peserta didik secara lebih luas setelah kompetensi dasar yang ditetapkan sudah tercapai seperti kompetensi menghafal dan menulis yang tidak tercanttum dalam kompetensi dasar bisa dikembangkan setelah menerjemah atau dilaksanakan dalam kegiatan pengayaan.

Dalam pelaksanaanya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IV (empat) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 edisi Tahun 2014 di bawah ini.

No comments:

Post a Comment