Silabus Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016

silabus pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (pjok)
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SD/MI dilaksanakan dengan menggunakan berbagai model dan pendekatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Pendidikan Gerak (Movement Education).

Pendidikan Gerak adalah sebuah model pembelajaran dalam Penjas yang menekankan pada pengajaran konsep dan komponen gerak. Berbeda dengan model pelajaran Penjas yang umumnya mengajarkan berbagai cabang olahraga dengan seluruh teknik dasar, peraturan, serta strateginya, dalam pendidikan gerak anak tidak diperkenalkan dengan konsep dan komponen olahraga. Guru memperkenalkan Konsep Gerak yang terdiri dari sub konsep tubuh (bagian tubuh apa yang digunakan), konsep ruang (arah, bidang atau ketinggian), konsep usaha (lambat, cepat, kasar, halus, lancar, tersendat, dan sebagainya), serta konsep keterhubungan (seperti sendirian, berpasangan, berkelompok, dengan alat, dan sebagainya).

Pembelajaran mata pelajaran PJOK dapat menggunakan berbagai pendekatan, diantaranya adalah pendekatan saintifik yang berorientasi pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, pendekatan pola gerak dominan yang berorintasi pada pengembangan pola-pola gerak yang sifatnya dominan, dan atau pendekatan taktis yang berorintasi pada pengembangan penguasaan aspek-aspek taktis dari permainan.

Pola pergerakan anak dalam pembelajaran PJOK dengan model Pendidikan Gerak biasanya menggunakan pola pergerakan bebas. Sedangkan pada pembelajaran konvensional biasanya Guru lebih memilih pola pergerakan terstruktur.

Pergerakan bebas adalah pola pergerakan yang membebaskan anak bergerak di seluruh ruangan tanpa harus diatur oleh guru. Dengan pola pergerakan bebas, biasanya guru akan cukup leluasa untuk menggunakan gaya mengajar yang memberi kesempatan pada anak untuk mengambil keputusan. Sedangkan pola pergerakan terstruktur biasanya mengatur anak dalam barisan yang diinginkan guru (baik dalam bentuk saf maupun banjar) serta dominan digunakan oleh guru yang masih menggunakan gaya mengajar komando.

Setiap gaya mengajar tersebut memiliki anatomi, karakteristik, serta langkah-langkah yang berbeda, misalnya penggunaan model pembelajaran dengan gaya komando yang hanya sekedar memberi contoh melalui demonstrasi lalu kemudian peserta didik melakukan sesuai komando. Hal ini berbeda dengan langkah yang ada pada gaya mengajar resiprokal yang menekankan pada umpan balik langsung yang diberikan oleh teman pasangannya.

Berikut ini adalah Silabus Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 edisi revisi Tahun 2016. Bapak/Ibu guru Kelas 1 SD/MI bisa review, download, atau print secara langsung dari blog ini, cukup klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas dan pilih salah satu tanda yang muncul.

No comments:

Post a Comment