Silabus Pembelajaran Tematik Terpadu SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016

Pembelajaran tematik terpadu memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.
2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling dekat dengan kehidupan peserta didik.
3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan berbagai konsep, keterampilan dan sikap.
4. Sumber belajar tidak terbatas pada buku.
5. Peserta didik dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan yang dilakukan.
6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran agar dapat mengakomodasi peserta didik yang memiliki perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.
7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat dipadukan dapat diajarkan tersendiri.
8. Memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik (direct experiences) dari hal-hal yang konkret menuju ke abstrak.
9. Kegiatan pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan kegiatan pembelajaran, melainkan bentuk kegiatan pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru dapat melakukan penyesuaian.

Berikut ini adalah Silabus Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 edisi revisi Tahun 2016. Bapak/Ibu guru Kelas 1 SD/MI bisa review, download, atau print secara langsung dari blog ini, cukup klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas dan pilih salah satu tanda yang muncul.

No comments:

Post a Comment