Lomba Melukis Damar Kurung SD/MI Se-Kecamatan Kedamean

Lomba Melukis Damar Kurung Khas Gresik Tingkat SD/MI
Sabtu pagi (24/11/2018) halaman MIN 1 Gresik (MIN Kedamean) dipenuhi oleh peserta didik, guru, dan karyawan dalam balutan seragam olahraga. Diiringi musik yang diputar dalam volume yang cukup keras mereka bergerak bersama mengikuti pemandu yang ada di depan. Kompak sekali. 

Pagi ini adalah waktunya pelaksanaan kegiatan Sabtu Sehat bulan Nopember 2018.

Setelah senam, diawali dari kelas 1 hingga kelas 6, seluruh peserta didik berjalan beriringan mengelilingi dusun Kedamean dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Kegiatan Sabtu Sehat berakhir saat mereka kembali lagi ke madrasah dan melanjutkan kembali kegiatan belajar mengajar sesuai dengan jadwal.

Sumarto, S.Pd (guru mapel Seni Budaya dan Prakarya) bergegas menuju ke kelas 4-C untuk menjemput MOCHAMAD ABDUL HAKIM dan NURMALIA DEBITA ZAHRA di kelas 3-A, kemudian mengajak mereka berdua berangkat menuju Balai Desa Mojowuku.

Desa Mojowuku adalah sebuah desa di ujung barat wilayah Kecamatan Kedamean yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Mojokerto. Hari ini organisasi kepemudaan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) 2018 & Karang Taruna Desa Mojowuku mengadakan sebuah acara bertajuk Lomba Melukis Damar Kurung Tingkat SD/MI Se-Kecamatan Kedamean. Ananda Hakim dan Debita terdaftar sebagai salah satu tim peserta lomba, mewakili MIN 1 Gresik.

Lomba ini diikuti oleh 34 siswa dari 14 SD/MI se-kecamatan Kedamean. Tiap tim terdiri dari 2 siswa. Jadi total peserta berjumlah 17 tim. Ada sekolah/madrasah yang mengirimkan beberapa tim. MIN 1 Gresik hanya mengirim satu tim saja.

Masing-masing tim peserta lomba harus membuat empat buah lukisan di atas kertas yang akan dipasang pada rangka Damar Kurung yang telah disediakan panitia.

Mengambil tema Nasionalisme dan Kebudayaan, ananda Hakim dan Debita mulai memainkan jemarinya di atas kertas yang tersedia. Tarikan garis yang tegas dan warna-warna memikat segera memenuhi kertas putih di hadapan mereka.

Lukisan Damar Kurung Khas Gresik
Gambar anak-anak yang sedang memainkan permainan tradisional Kuda Lumping, Reog, dan alat musik tradisional di sebuah padang rumput yang luas tampak mendominasi lukisan mereka. Terlihat pula gambar anak-anak lainnya yang sedang menonton sambil memegang bendera Merah Putih. Permainan warna yang berani serta gradasi yang terukur membuat lukisan mereka terlihat indah dan hidup.

Dua jam adalah waktu yang disediakan panitia bagi peserta untuk menyelesaikan lukisannya. Hakim dan Debita berhasil menyelesaikan tugas mereka tepat waktu.

Tibalah waktunya pengumuman pemenang Lomba Melukis Damar Kurung Tingkat SD/MI Se-Kecamatan Kedamean, dan hasilnya adalah:
1. Juara 1 diraih oleh MIN 1 Gresik Kedamean
2. Juara 2 diraih oleh SDN 2 Slempit
3. Juara 3 diraih oleh MI Darussalam Mojowuku

Alhamdulillah, latihan yang mereka jalani dengan tekun setiap hari membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Semoga prestasi mereka tidak berhenti di sini melainkan berlanjut terus hingga ke jenjang lebih tinggi. Amin.

No comments:

Post a Comment

Cari Di Sini: