Visitasi Akreditasi MIN 1 Gresik Tahun 2019

visitasi akreditasi madrasah ibtidaiyah negeri kedamean tahun 2019
Pagi ini para guru dan karyawan MIN 1 Gresik datang ke madrasah lebih pagi dari biasanya. Beberapa orang guru bahkan ada yang sudah datang pada pukul 06.00 WIB.

Hari ini (Rabu, 15/05/2019) adalah hari yang sangat penting bagi MIN 1 Gresik. Dua orang Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) akan berkunjung untuk melakukan Visitasi Akreditasi. Visitasi adalah kegiatan verifikasi dan klarifikasi isian instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung (IPDIP), mengacu pada petunjuk teknis pengisian instrumen akreditasi serta observasi terhadap kegiatan pembelajaran di kelas dan kondisi objektif sekolah untuk menentukan status, peringkat, dan predikat akreditasi. Visitasi Akreditasi MIN 1 Gresik terakhir kali dilakukan pada tahun 2013, saat madrasah ini masih bernama MIN Kedamean.

Sekira pukul 06.40 WIB kedua Asesor dari BAN-S/M telah tiba di MIN 1 Gresik. Tidak ada upacara penyambutan yang gegap gempita. Hanya sebuah acara seremonial biasa.

Seremonial pembukaan Visitasi Akreditasi MIN 1 Gresik Tahun 2019 diawali dengan paparan dari Kepala Madrasah tentang profil MIN 1 Gresik. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh PPAI Kecamatan Kedamean. Selanjutnya acara diisi dengan sambutan dan perkenalan dari kedua Asesor, yaitu bapak Budiono dan bapak Hadi Mufangkat. Acara ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MIN 1 Gresik serta beberapa orang anggota Komite Madrasah.

proses akreditasi madrasah
Asesor inspeksi kondisi WC siswa MIN 1 Gresik
Setelah acara pembukaan yang berlangsung gayeng ini berakhir, kedua Asesor BAN-S/M kemudian berkeliling ke seluruh penjuru lingkungan madrasah. Tak ada satu titik pun yang terlewat. Mulai ruang kantor, kelas, perpustakaan, UKS, laboratorium, kantin, kamar mandi, tempat parkir hingga tempat sampah tidak luput dari pengamatan para asesor. Bahkan lampu ruang kelas yang memang sudah waktunya diganti karena cahayanya sudah mulai redup pun dimasukkan dalam catatan.

Setelah berkeliling, para asesor kembali ke dalam ruangan untuk melakukan verifikasi dan validasi (verval) dokumen. Seluruh dokumen primer telah tersusun rapi di masing-masing meja yang sudah ditata sedemikian rupa. Dokumen-dokumen pendukung juga telah siap, berjajar dalam dalam tumpukan, diletakkan di bawah white board.

Ada delapan komponen akreditasi sekolah/madrasah yang harus di-verval oleh para asesor, yaitu:
  1. Standar Isi, adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. 
  2. Standar Proses, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. 
  3. Standar Kompetensi Lulusan, adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan. 
  5. Standar Sarana dan Prasarana, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. 
  6. Standar Pengelolaan, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. 
  7. Standar Pembiayaan, adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun. 
  8. Standar Penilaian Pendidikan, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.
verval dokumen akreditasi madrasah
Proses verifikasi dan validasi dokumen
Akhirnya proses verval delapan komponen akreditasi berhasil dituntaskan tepat menjelang adzan Dhuhur dikumandangkan. Seluruh guru, karyawan, dan asesor beristirahat sebentar kemudian bergegas mengambil air wudlu dan selanjutnya sholat Dhuhur berjama'ah di Masjid Besar Darussalam Kedamean yang terletak persis di selatan gedung MIN 1 Gresik.

Karena masih dalam bulan Ramadan, maka tidak seperti biasanya, tidak ada acara makan siang bersama pada visitasi akreditasi kali ini. Untuk itu acara segera dilanjutkan dengan seremonial Penutupan Visitasi Akreditasi MIN 1 Gresik Tahun 2019.

Dalam seremonial penutupan ini para asesor memaparkan apa saja temuan yang harus diperbaiki demi kebaikan dan kemajuan MIN 1 Gresik di masa datang.

Usai berfoto bersama, pada pukul 14.05 WIB para asesor berpamitan dengan seluruh keluarga besar MIN 1 Gresik.

Visitasi Akreditasi MIN 1 Gresik Tahun 2019

Untuk dokumentasi Visitasi Akreditasi MIN 1 Gresik Tahun 2019 selengkapnya sila lihat di sini.

No comments:

Post a Comment