Gerakan Literasi Oleh Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Di MIN 1 Gresik


Pengenalan Lingkungan Persekolahan II (PLP II)  adalah rangkaian kegiatan untuk menerapkan berbagai teori kependidikan berupa latihan-latihan pembelajaran di Madrasah. Bentuk kegiatan PLP II merupakan tahap latihan mengajar yang dihadapkan pada siswa sesungguhnya -yang dikenal dengan real classroom teaching- dan latihan tugas-tugas kependidikan dan pembelajaran lainnya. Kegiatan ini merupakan tahap praktik mengajar yang ke dua setelah mahasiswa melakukan PLP I.

Sejak 7 September – 02 November 2022 Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang terdiri dari 8 mahasiswa telah melaksanakan kegiatan PLP II di MIN 1 Gresik. Salah satu program yang dilakukan adalah Gerakan Literasi Madrasah. Gerakan Literasi Madrasah adalah  gerakan yang bertujuan untuk menjadikan Madrasah sebagai tempat untuk belajar (membaca dan menulis) agar tidak ada lagi yang namanya buta huruf. Kegiatan tersebut antara lain adalah Bimbingan Membaca dan Menulis. Bimbingan ini diberikan kepada peserta didik kelas 1 – 4 yang masih mengalami keterlambatan dalam hal membaca dan menulis.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk menuliskan kembali apa yang telah dibaca dan mencari pengetahuan umum di sebuah buku yang telah tersedia. Selain itu, dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah, untuk kelas 1-3 adalah menulis cerita tentang pengalaman yang pernah mereka lakukan dan cita-cita yang ingin mereka capai. Dengan adanya hal tersebut anak akan lebih berpotensi dalam mengembangkan pola pikir, gaya dan tata bahasa, serta mengembangkan kata dan kalimat agar cerita yang mereka ciptakan dapat dibaca dengan baik.

Gerakan Literasi Madrasah bertujuan untuk membangun minat siswa dalam menambah wawasan mereka melalui buku. Dengan buku-buku tersebut, siswa dapat menerima hal baru, pengetahuan baru, dan banyak cerita baru yang bisa digunakan dan diimplementasikan dalam kehidupan. Dengan adanya program ini, kami mengharapkan agar budaya membaca buku, membuat tulisan-tulisan yang bermakna, dan mengembangkan tata bahasa mereka menjadi lebih baik dan semakin meningkat. Selain itu, dari Gerakan Literasi Madrasah ini, kami berusaha untuk dapat membangun minat, bakat, serta kesadaran siswa akan pentingnya membaca buku.

Gerakan Literasi Madrasah dapat menjadi salah satu cara untuk dapat membangun siswa dalam menjalani proses pembelajaran, sehingga mereka dapat berkreasi dan berinovasi dalam bentuk tulisan dan karya-karya bermakna lainnya yang dapat bermanfaat, baik bagi diri mereka sendiri maupun orang lain, dalam menjalani kehidupan. (MS)

No comments:

Post a Comment