Penutupan Program PLP II UINSA Surabaya

Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) II Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Gresik dilaksanakan mulai 5 September hingga 2 November 2022. PLP II ini adalah program lanjutan dari PLP I yang dilaksanakan pada 30 Mei - 10 Juni 2022.


Delapan mahasiswa UINSA Surabaya selama dua bulan melakukan praktik mengajar di madrasah. Mereka berusaha menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk mengajar peserta didik MIN 1 Gresik. 


Sesuai jadwal, program PLP II berakhir pada Rabu, 2 November 2022. Untuk itu para mahasiswa mengadakan kegiatan Penutupan Program PLP II UINSA Surabaya di MIN 1 Gresik.


Santiaji, M.Pd. (Kepala MIN 1 Gresik) dalam sambutannya menyatakan merasa senang dan bangga dengan kehadiran program PLP II dari UINSA Surabaya. Beliau menyatakan bahwa MIN 1 Gresik terbuka lebar dan siap membantu jika mahasiswa UINSA membutuhkan bantuan dalam hal melakukan penelitian, pengerjaan skripsi, dan lain sebagainya.


Dr. Nadlir, M.Pd.I sebagai Dosen Pendamping Lapangan menyampaikan,"Mahasiswa sekarang merupakan mahasiswa yang proses pembelajaran di kampusnya dilakukan secara daring. Tentu masih banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan mahasiswa hasil pembelajaran luring. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas bimbingan kepala madrasah dan para guru MIN 1 Gresik selama PLP 2."


"Ada banyak hal positif yang dilakukan oleh adik-adik PLP II UINSA selama mengabdi di MIN 1 Gresik, seperti melaksanakan program Gerakan Literasi, mengikuti piket dalam penyambutan kedatangan peserta didik setiap pagi, dan masih banyak lagi. Keberadaan para mahasiswa juga sangat membantu dalam proses belajar mengajar karena mereka mampu menggantikan tugas 7 guru PPPK yang sedang mengikuti Diklat selama dua pekan," ucap Syahidan, S.Pd., Waka Kurikulum MIN 1 Gresik yang bertindak Koordinator PLP II.


"Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada bapak Kepala Madrasah, pak Syahidan sebagai koordinator lapangan program PLP II, serta ibu Hj. Hartiyah, S.Pd.I dan ibu Roihatul Jannah, S.Pd. selaku guru pembimbing. Semoga ilmu yang kami dapat dari MIN 1 Gresik membawa berkah serta bermanfaat di dunia dan akhirat," ujar Ika Maulidiya R. mewakili para mahasiswa peserta program PLP II UINSA Surabaya.


Sebagai tanda terima kasih, para mahasiswa memberikan cenderamata kepada Kepala Madrasah, Koordinator Program dan guru pembimbing. Acara ditutup dengan do'a dan diakhiri dengan acara makan bareng bersama dewan guru dan staf MIN 1 Gresik. (NES)

No comments:

Post a Comment