MIN 1 Gresik Gelar Peringatan Isra' Mi'raj 1444 Hijriyah

min 1 gresik gelar acara peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW. tahun 1444 hijriyah

Keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gresik (MIN 1 Gresik) menggelar acara peringatan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1444 Hijriyah pada Kamis (16/02/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1-6, pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengenakan busana muslim/muslimah.

Acara diawali dengan sholat Dhuha, pembacaan Istighotsah, surat Yasin, dan Tahlil yang dipimpin oleh KH. Mahfudz, S.Ag. Acara kemudian diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh  KH. Akhmad Najib, S.Pd.I. Beliau menyampaikan kisah tentang peristiwa Perjalanan Isra’ dan Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW. 

Sebelum diperjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, Nabi Muhammad SAW dimandikan oleh malaikat Jibril dan Mikail di tepi sumur Zam-zam dan dibersihkan hatinya dengan air Zam-zam tersebut. Setelah itu Nabi Muhammad SAW diajak naik ke Sidrat al-Muntahā untuk menghadap Allah SWT dan mendapatkan perintah tentang sholat fardlu lima waktu.

Dari kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj ini, diharapkan dapat memberikan teladan kepada anak-anak agar dapat selalu mendirikan sholat -khususnya sholat fardlu 5 waktu- dan memahami bahwa sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan. 

Tumbuhnya pemahaman anak-anak tentang tauhid adalah salah satu tujuan dalam proses pembelajaran di madrasah ini. Pemahaman tauhid yang kuat menjadikan mereka akan taat dalam menjalankan perintah sholat yang perintahnya disampaikan langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Hikmah itu diimplementasikan dalam kegiatan keseharian dalam kegiatan belajar mengajar di MIN 1 Gresik.

Setelah ceramah agama selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan grup Banjari MIN 1 Gresik yang melantunkan sholawat Nabi. Para peserta didik sangat antusias menyambut penampilan teman-teman mereka yang tergabung dalam grup Banjari. Dengan lantunan sholawat, diharapkan dapat menanamkan rasa cinta kepada Nabiyullah Muhammad S.A.W yang selalu kita harapkan syafa’atnya di akhirat kelak. (MS)

No comments:

Post a Comment