Pagelaran Tari Daerah, Pameran Seni Rupa, dan Launching PPDB 2023

Pagelaran Tari Daerah, Pameran Seni Rupa, dan Launching PPDB 2023

Budaya adalah modal identitas bangsa. Salah satu produk budaya yang menggambarkan tentang identitas kebhinnekaan Indonesia adalah aneka ragam seni tari yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Gempuran budaya luar yang datang bertubi-tubi di era teknologi informasi seperti sekarang ini tentu akan mempengaruhi generasi bangsa ini. Jika tidak dilakukan antisipasi maka dikhawatirkan ribuan produk budaya Nusantara yang selama ini kita banggakan akan hilang ditelan zaman.


Untuk memperkenalkan dan menanamkan karakter cinta kebudayaan Nusantara kepada peserta didik, MIN 1 Gresik menggelar acara Pagelaran Seni Tari Daerah yang ditampilkan oleh peserta didik kelas 3, 4, 5, dan 6. Sedangkan Pameran Karya Seni Rupa yang menampilkan berbagai macam Kolase, Montase, Mozaik, dan Miniatur Rumah Adat dipamerkan oleh peserta didik kelas 1, 2, dan 3, hasil dari kegiatan pembelajaran mereka di sekolah.


Acara tersebut dibuka oleh Kepala MIN 1 Gresik, Santiaji, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh peserta didik lebih mengenal berbagai kebudayaan yang tersebar di seluruh Nusantara dan agar peserta didik mau melestarikannya sebagai bentuk rasa cinta tanah air, khususnya kebudayaan yang bernilai Islami. Kegiatan ini juga digelar dalam rangka Launching Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024.


Setelah dibuka oleh Kepala Madrasah, acara diawali dengan penampilan grup Drum Band “Gita Nada Nusantara” MIN 1 Gresik, dilanjutkan Tari Daerah, Pidato Bahasa Inggris, Puisi, dan tidak ketinggalan grup Sholawat Al-Banjari.


Dikonfirmasi disela-sela kegiatan pameran, para Wali Kelas dan guru Seni Budaya Dan Prakarya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil karya dari peserta didik yang telah berkreasi dan menunjukkan kreatifitasnya. 


Senada dengan pernyataan di atas, pemrakarsa kegiatan ini, Sumarto, S.Pd. menyatakan bahwa rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sebagai apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh peserta didik dalam mengekspresikan diri melalui materi seni budaya terutama seni tari dan seni rupa serta menciptakan pengalaman belajar yang baru bagi anak-anak MIN 1 Gresik.


Kegiatan pagelaran tari ini sangat baik untuk mengembangkan kreativitas siswa serta melatih kerja sama dan kekompakan mereka. Dengan kegiatan ini ekspresi seni budaya peserta didik bisa tersalurkan sehingga diharapkan akan tercipta peserta didik yang berkarakter dan lebih mencintai budaya sendiri. 


Semoga dengan adanya pagelaran seni tari daerah dan pameran hasil karya anak-anak MIN 1 Gresik kita bisa menjadikan madrasah sebagai tempat berkreasi dan menciptakan inovasi yang dibarengi ilmu dan akhlak yang baik. (MS)

_________
Dokumentasi lainnya dapat dilihat di SINI.

No comments:

Post a Comment