Studi Tiru Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MIN 1 Sidoarjo di MIN 1 Gresik

studi tiru implementasi kurikulum merdeka dari min 1 sidoarjo di min 1 gresik

Pelaksanaan Impelementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MIN 1 Gresik baru diaplikasikan selama 4 semester. Namun karena MIN 1 Gresik dianggap lebih dulu menerapkan IKM, keluarga besar MIN 1 Sidoarjo melakukan kunjungan ke MIN 1 Gresik guna melaksanakan kegiatan Studi Tiru Pelaksanaan IKM pada hari ini, Kamis, 14 September 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta Studi Tiru yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Humas, Waka Kesiswaan, Waka Sarpras, Tim P5/P2RA, dan beberapa orang guru kelas MIN 1 Sidoarjo. 

Kehadiran rombongan MIN 1 Sidoarjo disambut dengan penampilan Drum Band “GITA NADA NUSANTARA" MIN 1 Gresik dan beberapa nomor kreasi tarian hasil dari proyek P5/P2RA.

Rombongan kemudian bergeser ke dalam ruangan untuk melaksanakan acara seremonial pembukaan kegiatan Studi Tiru Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MIN 1 Sidoarjo di MIN 1 Gresik sekaligus perkenalan masing-masing personel kedua madrasah.

Dalam sambutannya, Kepala MIN 1 Gresik, Santiaji, M.Pd., menyatakan bahwa Kurikulum Merdeka dapat diimplentasikan karena keberanian seluruh stakeholder MIN 1 Gresik mengambil resiko untuk mau dipaksa belajar dan belajar lagi. Namun justru karena mau dipaksa itulah, akhirnya jadi bisa. Selain itu kepala madrasah berperan dalam mendorong dan mengawal Implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri melalui penerbitan SK Tim Percepatan IKM Mandiri MIN 1 Gresik. 

Di tahun pelajaran 2023/2024 ini MIN 1 Gresik mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di kelas 1, 2, 4, dan 5. Sedangkan kelas 3 dan 6 masih menggunakan Kurikulum 2013. Seluruh kelas akan menerapkan kurikulum merdeka pada tahun depan.

Setelah mendapat paparan IKM dari Waka Kurikulum MIN 1 Gresik, Syahidan, S.Pd., peserta kegiatan Studi Tiru melaksanakan studi lapangan secara langsung dengan dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka tampak sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan pada Studi Tiru Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka ini.

Waktu satu hari tentu tidak cukup untuk menggali seluruh informasi secara utuh tentang pelaksanaan IKM di MIN 1 Gresik. Akan tetapi hal tersebut dapat menjadi satu pemantik yang nantinya akan dikembangkan di MIN 1 Sidoarjo.

Di akhir kunjungan, Kepala MIN 1 Sidoarjo, Musta'in, M.Pd., menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas penerimaan keluarga besar MIN 1 Gresik yang hangat dan sangat baik. Selain itu, beliau juga berterima kasih atas sharing ilmu dan praktik baik dari para guru-guru MIN 1 Gresik. Harapannya, hasil dari kunjungan ini akan mempererat jalinan tali silahturahim yang ada serta saling memberi manfaat bagi masing-masing lembaga.

Terus berkarya, wujudkan kinerja nyata, dan jalin silahturahmi antar lembaga untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan. (SH)

No comments:

Post a Comment