Pelaksanaan Imunisasi Sub-PIN Polio di MIN 1 GRESIK

sub pekan imunisasi nasional polio
Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio adalah satu program imunisasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) ini menyasar anak usia 0-7 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Jadi meskipun si anak sudah mendapatkan imunisasi lengkap, dia tetap harus mengikuti program Sub-PIN Polio.

Pemberian imunisasi tambahan ini dilakukan Kemenkes RI sebagai respon atas Kejadian Luar Biasa (KLP) Polio yang terjadi di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kemenkes RI menargetkan sebanyak 4,4 juta anak di Jawa Timur mendapatkan imunisasi nOPV2. MIN 1 Gresik merupakan salah satu target lokasi pelaksanaan Sub-PIN Polio.

Sub PIN Polio akan dilaksanakan dalam 2 putaran. Putaran pertama dimulai pada 15 Januari 2024, sedangkan putaran kedua akan berlangsung mulai 19 Februari 2024. Masing-masing putaran dilaksanakan dalam waktu satu minggu dengan jarak antarputaran minimal satu bulan.

Sub-PIN Polio putaran pertama di MIN 1 Gresik dilaksanakan pada 16 Januari 2024 oleh petugas UPT Puskemas Kedamean. Dari 216 peserta didik kelas 1 dan 2 MIN 1 Gresik, ada seorang peserta didik yang tidak menjadi sasaran Sub-PIN Polio karena telah berusia lebih dari 7 tahun.

Tidak ada drama anak kabur atau menangis histeris dalam pemberian imunisasi kali ini karena vaksin Polio yang diberikan berupa cairan (tetes) melalui mulut, bukan injeksi (suntikan).

No comments:

Post a Comment