Buku Guru : Pelajaran SKI Kelas 4 MI Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Tahun 2014

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, tahapan berikut sangatlah penting:

1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Sejarah Kebudayaan Islam, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.

2. Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi guru dengan orang tua.

3. Pada sub bab tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran, sehingga perhatian peserta didik menjadi fokus. Rubrik-rubrik tersebut adalah:

Í» Kegiatan: berisi aktivitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami materi.
Í» Insya Allah Aku Bisa: berisi sikap atau perilaku yang diharapkan dilakukan peserta didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.
Í» Hati-hati: berisi sikap atau perilaku yang diharapkan tidak dilakukan peserta didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.
Í» Hikmah: berisi pernyataan untuk memperkuat pemahaman konsep, penekanan sikap, atau penguatan keyakinan peserta didik yang berupa mutiara hikmah, maqalah, hadis, atau ayat.
Í» Rangkuman: berisi point-point penting dalam pembelajaran.
Í» Ayo berlatih: berisi soal-soal untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas.
Í» Tugasku: berisi tugas yang harus dikerjakan peserta didik di rumah.
Í» Rubrik Ayo Bernyanyi dan Ayo Bersalawat: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik

5. Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV (empat) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 edisi Tahun 2014 berikut ini.

No comments:

Post a Comment