Rapat Adiwiyata Bersama Warga Sekitar Madrasah

 rapat calon sekolah adiwiyata provinsi dengan warga sekitar kawasab sekolah

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Program ini bertujuan untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi kiwari maupun yang akan datang. 
 
Sedangkan Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli pada lingkungan bersih, sehat, dan indah, serta memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam materi ajar dan kegiatan belajar-mengajar.
 
Salah satu komponen untuk mencapai tujuan Sekolah Adiwiyata adalah peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah. Untuk itu, sebagai Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP), MIN 1 Gresik pada hari ini (Selasa, 31 Mei 2022) mengadakan rapat koordinasi dengan para pengelola kantin madrasah dan warga di lingkungan sekitar madrasah.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh pimpinan MIN 1 Gresik, Komite Madrasah, pengelola kantin, Ketua RT dan beberapa perwakilan warga yang berdomisili di sekitar madrasah ini, Kepala MIN 1 Gresik (Santiaji, M.Pd.) meminta kepada pengelola madrasah agar hanya menyediakan makanan sehat dalam menu yang mereka jual di kantin masing-masing.

Sumarto, S.Pd. (Waka Kesiswaan) menegaskan bahwa untuk menyukseskan tujuan Sekolah Adiwiyata, dibutuhkan kerjasama dengan lingkungan sekitar madrasah. Oleh karena itu Sumarto memohon kepada warga di sekitar madrasah untuk turut serta menjaga kebersihan serta tidak melakukan pembakaran sampah di sekitar madrasah.

Sedangkan H. Muafaq Wirahadi (Ketua Komite Madrasah) berpesan bahwa dibutuhkan kekompakan dan pemahaman yang matang antara guru, karyawan, siswa, pengelola kantin, dan masyarakat sekitar agar program ini berhasil.

Dengan kerjasama yang baik antara warga madrasah dan warga sekitar madrasah diharapkan MIN 1 Gresik mampu lolos dan mendapatkan status sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi tahun ini. Dengan begitu MIN 1 Gresik akan memliiki kans untuk meningkatkan statusnya sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional di tahun depan. (ma)

No comments:

Post a Comment