Menjaga Lingkungan Madrasah Tetap Asri Dengan Kegiatan Jum'at Bersih

jum'at bersih adalah salah satu kegiatan pembiasaan menjaga kebersihan lingkungan

Sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi, MIN 1 Gresik memiliki banyak kegiatan pembiasaan agar peserta didik mencintai lingkungan. Salah satu diantaranya adalah kegiatan Jum'at Bersih.


Kegiatan Jum'at Bersih adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan sebulan sekali. Seluruh peserta didik diwajibkan membawa alat bebersih dari rumah masing-masing.


Tepat pukul 07.30 WIB, bertempat di halaman MIN 1 Gresik, dilaksanakan giat rutin senam pagi yang dilakukan oleh guru, pegawai, dan peserta didik MIN 1 Gresik. Pelaksanaan senam pagi di hari Jum’at ini adalah salah satu program rutin yang ada di MIN 1 Gresik.


Tujuan diadakan kegiatan senam tersebut untuk menjaga kebugaran jasmani seluruh warga madrasah. Gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan bugar secara fisik. Dengan demikian kemampuan konsentrasi juga akan meningkat. 


Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit. 


Kegiatan senam ini tidak hanya membimbing peserta didik untuk membiasakan berolahraga tetapi juga mendidik agar lebih disiplin dalam pembelajaran. Seluruh peserta didik tampak bergembira dan antusias mengikuti kegiatan senam di halaman madrasah.


Setelah senam bersama, seluruh guru, pegawai, dan peserta didik MIN 1 Gresik secara bersama-sama membersihkan lingkungan madrasah. Upaya ini dilakukan agar madrasah terlihat bersih dan tetap asri.


Memanfaatkan alat yang sudah dibawa dari rumah, mereka berbagi tugas. Ada yang menyapu lantai, membersihkan jendela atau membersihkan langit-langit kelas. Ada pula yang bertugas menyiram dan merapikan tanaman.


Dengan kegiatan Jum'at Bersih, seluruh keluarga besar MIN 1 Gresik berbadan sehat dan bergembira. Lingkungan madrasah pun menjadi semakin bersih dan asri. [MS]

No comments:

Post a Comment