Screening Kesehatan Peserta Didik MIN 1 Gresik

screening kesehatan siswa kelas 1 min 1 gresik

Setelah kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) sukses dijalankan pada hari Senin, 19 September 2022. Maka pada hari Jum’at, 23 September 2022, petugas UPT Puskesmas Kedamean kembali mendatangi MIN 1 Gresik untuk melakukan Screening Kesehatan bagi peserta didik MIN 1 Gresik. Sasarannya adalah peserta didik Kelas 1 sejumlah 104 anak.


Penjaringan atau Screening Kesehatan yang dilaksanakan di MIN 1 Gresik adalah salah satu bentuk dari pelayanan madrasah untuk kesehatan siswa. Tujuannya adalah melakukan monitoring perkembangan kesehatan serta upaya deteksi dini masalah kesehatan yang dialami peserta didik.


Dalam Screening Kesehatan ini petugas UPT Puskesmas Kedamean memeriksa kondisi kesehatan peserta didik mulai dari mata, telinga, mulut, dan gigi. Tinggi dan berat badan pesrta didik diukur dan ditimbang. Tak ketinggalan kondisi kebersihan tubuh, rambut, dan kuku juga turut diperiksa.


Data hasil penjaringan kesehatan tadi akan dimasukkan ke dalam Rapor Kesehatan yang akan secara berkala dimonitor dan dicatat oleh wali kelas masing-masing. 


Dengan tersedianya data atau informasi kondisi kesehatan setiap peserta didik, maka wali kelas akan dapat melakukan deteksi sejak dini jika ada peserta didik yang mengalami masalah kesehatan. "Sekiranya ada masalah kesehatan yang terdeteksi, maka secepatnya informasi tersebut disampaikan kepada orang tua/wali murid agar siswa mendapatkan penanganan lebih intensif di Puskesmas terdekat," kata salah seorang petugas UPT Puskemas Kedamean.


Melalui berbagai upaya ini, mudah-mudahan peserta didik MIN 1 Gresik menjadi generasi yang sehat dan berkualitas. Aamiin. (MS)

No comments:

Post a Comment

Cari Di Sini: