Minum Obat Pembasmi Cacing Bersama-sama

gerakan pencegahan penyakit cacingan dengan minum albendazole (obat pembasmi cacing) bersama-sama

Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing atau parasit dalam tubuh manusia. Penyakit ini dapat menyerang pencernaan, darah, dan lapisan bawah kulit manusia.


Penyakit cacingan seringkali diabaikan oleh sebagian besar masyarakat karena dianggap sebagai penyakit yang jarang menyebabkan kematian. Padahal jika dibiarkan penyakit ini berpotensi untuk menurunkan kualitas hidup manusia. Selain gangguan kesehatan, penyakit ini juga dapat menyebabkan gizi buruk dan menurunkan tingkat kecerdasan.


UPT Puskesmas Kedamean telah melakukan serah terima Albendazole kepada MIN 1 Gresik pada Jum'at, 23 September 2022. Albendazole merupakan obat pembasmi cacing (antihelmintik). Obat ini bekerja dengan cara menghambat penyerapan gula pada tubuh cacing. Hal ini menyebabkan cacing kehilangan sumber energi dan akhirnya mati. Obat yang dapat dikunyah ini akan dibagikan kepada seluruh peserta didik MIN 1 Gresik.


Peserta didik kelas 4 dan 5 mendapat giliran pertama. Mereka diajak minum Albendazole pada Sabtu, 24 September 2022. Sedangkan peserta didik kelas 1,2,3, dan 6 minum obat pembasmi cacing itu bersama-sama pada Senin, 26 September 2022.


Dengan pemberian obat pembasmi cacing ini diharapkan para peserta didik MIN 1 Gresik dapat terbebas dari penyakit Cacingan dan tumbuh menjadi generasi yang tumbuh sehat dan cerdas.


Selain pengobatan, penyakit Cacingan dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. 

No comments:

Post a Comment