Kantin Sehat Demi Lingkungan Sekolah Sehat

 

pengembangan kantin sekolah sesuai standar kesehatan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat

Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik melalui UPT PUSKESMAS Kedamean melakukan kegiatan Pembinaan Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di MIN 1 Gresik pada Rabu, 14 Oktober 2022. Pembinaan UKS/M kali ini menghadirkan peserta didik (Kader UKS), guru, karyawan, Komite Madrasah, dan para pelaku usaha kantin MIN 1 Gresik.


Salah satu faktor pendukung untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat adalah tersedianya kantin/warung sekolah yang memenuhi standar kesehatan.


Berdasarkan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Lingkungan Nasional Pendidikan, setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi ruang kelas, ruang UKS, toilet, kantin, dll. Fungsi kantin sekolah adalah memberikan pelayanan kebutuhan berbagai makanan serta minuman yang aman dan bergizi serta mengajarkan siswa tentang standar kebersihan dalam menyiapkan dan menyajikan makanan di kehidupan sehari-hari.


Hal ini selaras dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1429/Menkes/SK/XII/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah. Dalam Kepmenkes tersebut dijelaskan dengan cukup detail mengenai tata laksana kantin/warung sekolah.


Kantin/warung sekolah yang baik dan memenuhi standar kesehatan bisa diwujudkan jika semua pihak mau dan mampu memainkan peran masing-masing dengan baik. 


Guru dan orang tua dapat berpartisipasi dalam pengembangan kantin sekolah agar kondisi kantin lebih baik. Peserta didik sebagai konsumen dapat berperan dengan hanya memilih dan membeli makanan yang bergizi dan selalu terjaga kebersihannya. Sedangkan pedagang sebagai subjek utama bisnis kantin/warung sekolah harus mampu menjaga keamanan pangan dengan jalan menyajikan makanan penuh gizi, menjaga kebersihan kantin dan peralatannya, serta memastikan makanan dan minuman yang merka jual senantiasa higienis.


Partisipasi semua pihak dapat memberikan kontribusi positif terutama dalam pemenuhan pangan yang bergizi sehingga dapat mencegah terjadinya stunting pada anak.


Kegiatan pembinaan UKS/M ini juga mengambil peran sebagai persiapan jelang keikutsertaaan MIN 1 Gresik dalam Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS). [NES]

No comments:

Post a Comment