Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 Hijriyah

min 1 gresik mengadakan peringatan maulid nabi muhammad saw tahun 1444 hijriyah di masjid besar darussalam kedamean

 
مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

“Barang siapa bershalawat kepadaku sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula.” (HR Ahmad).


Usai melaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Santri Nasional 2022, para peserta didik MIN 1 Gresik beranjak menuju masjid untuk melaksanakan sholat Dhuha dan membaca Istighosah bersama-sama.


Setelah Istighosah, kumandang Shalawat Nabi yang dilantunkan oleh grup Banjari siswa-siswi kelas 4 MIN 1 Gresik mengawali kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H yang diselenggarakan di serambi Masjid Besar DARUSSALAM Kedamean pada Sabtu, 22 Oktober 2022.


Selanjutnya Kepala MIN 1 Gresik, Santiaji, M.Pd., memberikan sambutan. Beliau berpesan kepada seluruh peserta didik MIN 1 Gresik untuk mencintai masjid dan selalu sholat berjama'ah di masjid karena itu adalah teladan dari Rasulullah SAW.


Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang memiliki akhlak terpuji hingga banyak hal dari beliau yang harus kita teladani. Allah SWT bahkan memuji Nabi Muhammad SAW dalam Al Quran, seperti pada surah Al Ahzab ayat 21, Allah berfirman:


لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (Q.S. Al Ahzab: 21)


Diantara akhlak Nabi Muhammad SAW, kata Ustadz H. Muhammad Zain saat memberikan mauidloh hasanah, adalah selalu membaca do'a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Seperti berdo'a sebelum dan sesudah tidur, berdo'a sebelum dan sesudah makan, dan lain sebagainya.


Untuk membuktikan peserta didik MIN 1 Gresik sudah hafal do'a harian, beliau memberikan hadiah bagi siswa-siswi yang berani maju membacakan do'a yang diminta oleh Ustadz Zain. Tentu saja hal ini disambut dengan antusias oleh siswa-siswi MIN 1 Gresik.


Sebelum membacakan do'a di akhir kegiatan, Ustadz Zain mengajak seluruh peserta didik untuk membaca sholawat bersama-sama dan berpesan agar setiap hari selalu membaca Sholawat Nabi agar mendapat syafa'at Rasul saat yaumil qiyamah nanti. (NES)


No comments:

Post a Comment