Wujudkan Madrasah Sehat, Kantin MIN 1 Gresik Wajib Sediakan Menu Sehat


Sebagai tindak lanjut program Madrasah yaitu Gerakan Madrasah Sehat (GEMMAS), Tim Madrasah Sehat MIN 1 Gresik melakukan kampanye madrasah sehat pada Senin, 7 November 2022. Salah satu prioritas utama dalam kampanye tersebut adalah Sehat Bergizi melalui pendampingan kantin sehat di madrasah.


Keberadaan kantin madrasah bisa menjadi sarana pendidikan kesehatan di lingkungan madrasah. Yaitu mengajarkan anak didik untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis dan sehat.


Kepala MIN 1 Gresik, Santiaji, M.Pd., memberikan penjelasan bahwa kantin madrasah harus menyediakan jajanan yang diolah secara bersih dan sehat serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang berdampak buruk bagi kesehatan siswa demi menjaga tumbuh kembang anak dengan baik. 


"Para siswa berada di madrasah sejak pagi hingga siang, bahkan ada pula yang sampai sore. Maka jika kantin menyediakan makanan yang tidak sehat dan dikonsumsi terus-menerus, tentunya akan menimbulkan berbagai jenis penyakit," kata pak Santiaji.


Kantin menjadi salah satu area di madrasah yang patut mendapatkan perhatian khusus. Tidak sekedar menjual makanan minuman yang lezat. Kehadiran kantin harus dipastikan menyediakan makanan dan minuman yang sehat, baik makanan utama yang bergizi seimbang atau makanan (jajanan) lainnya.


Setelah memberikan edukasi dan pendampingan, pengawasan juga perlu dilakukan. Pengawasan bisa dilakukan melalui inspeksi kantin madrasah. Kegiatan tersebut dapat melibatkan instansi kesehatan seperti UPT Puskesmas.


Peserta didik juga berperan tidak kalah penting dalam pengawasan kantin sehat. Pihak madrasah dapat melakukan pemberdayaan kader kesehatan madrasah untuk melakukan kegiatan peningkatan dan pengawasan. Dengan begitu semua pihak di madrasah memiliki kesadaran tentang pentingnya kantin sehat demi terwujudnya madrasah yang sehat. (MS)

No comments:

Post a Comment