Program Tuntas Membaca Bagi Peserta Didik Kelas I di MIN 1 Gresik

Program Tuntas Membaca Bagi Peserta Didik Kelas I di MIN 1 Gresik

Membaca dan menulis adalah keterampilan paling dasar yang harus dimiliki peserta didik karena berkaitan dengan seluruh proses belajar. Membaca merupakan faktor penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Apapun mata pelajarannya kegiatan membaca adalah alat utama dalam proses pembelajaran. Bahkan bisa disimpulkan budaya literasi membaca tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan.


Program Tuntas Membaca adalah sebuah program literasi yang bertujuan untuk menjadikan seluruh peserta didik terbebas dari buta huruf. Kegiatan yang dilakukan dalam program tersebut diantaranya adalah bimbingan membaca permulaan. Bimbingan ini diberikan kepada peserta didik kelas I (satu) yang masih mengalami keterlambatan dalam hal membaca.


MIN 1 Gresik menyediakan waktu khusus untuk menyukseskan Program Tuntas Membaca. Kegiatan ini dilakukan setelah jam pelajaran reguler selesai. 


Selama bimbingan, materi belajar membaca yang dilakukan berupa mengingat huruf, membedakan huruf yang mirip, mengeja huruf yang bersuku kata sederhana, dan mengeja kata sederhana. Bimbingan membaca ini memberikan kemajuan bagi peserta didik kelas I (satu). Walaupun mungkin kemajuan tersebut tidak membuat mereka langsung lancar membaca, namun setidaknya mereka dapat memahami konsep mengeja kata-kata sederhana.


Peserta didik yang tadinya belum mengenal huruf A sampai Z sudah mulai mengenal huruf dan membaca beberapa suku kata. Akan lebih maksimal lagi jika dilakukan secara terus menerus. Sehingga tujuan dari bimbingan membaca dapat berhasil dengan baik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas I (satu).


Ditulis oleh: Mohammad Sholahuddin

No comments:

Post a Comment