Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana Oleh BPBD Kab. Gresik

Kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Gresik di @min1gresik ini dilaksanakan pada 6-7 November 2023.  @bpbd_kab_gresik  @kemenag_ri  @kemenagjawatimur  @kemenaggresik_
Bencana dapat terjadi kapanpun dan di manapun serta dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kehidupan manusia dan lingkungannya. Bencana dapat mengakibatkan berbagai kerugian dan kerusakan sarana dan prasarana serta berdampak pada sumber daya manusia termasuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.


Letak geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan dan terbentuk dari titik-titik pertemuan lempeng bumi, menjadikan negeri ini memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi untuk mengalami berbagai bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, serta letusan gunung berapi.


Selain itu banjir juga kerap terjadi di beberapa wilayah di Indonesia akibat dari kerusakan hutan dan lahan, tidak terjaganya kondisi ideal sungai dan saluran air, serta kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.


Untuk itu, sebagai kelanjutan dari Sekolah Adiwiyata dan Satuan Pendidikan Ramah Anak, MIN 1 Gresik bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Gresik melaksanakan kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di MIN 1 Gresik pada 6-7 November 2023.


Praktek Evakuasi Bencana
Kegiatan sosialisasi SPAB ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan MIN 1 Gresik agar dapat bereaksi dengan tepat dan cepat saat terjadi bencana. Di samping itu disampaikan pula materi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sebagai salah satu upaya pencegahan bencana.


Peserta didik MIN 1 Gresik begitu antusias mengikuti kegiatan sosialisasi SPAB ini karena para petugas BPBD Kab. Gresik menyampaikan materinya dengan cara yang menarik bagi anak-anak. Apalagi di setiap akhir sesi diadakan kuis berhadiah tas dan perlengkapan sekolah bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari pemateri.


Selain mendapatkan materi kesiapsiagaan bencana, peserta Sosialisasi SPAB juga diajak untuk mempraktekkan bagaimana cara menyelamatkan diri saat tertimpa musibah/bencana.

No comments:

Post a Comment